Halaman

Kamis, 15 Maret 2012

Trik Jitu Menghafal Cepat

Bagi remaja masa kini belajar mungkin merupakan hal yang menbosankan. walaupun tidak semuanya beranggapan demikian, namun sebagian besar temen-teman setuju akan hal itu. apalagi saat mau ulangan,terutama pelajaran umum, mau tidak mau kita harus menghafal.
Berikut adalah tips-tips menghafal yang tepet.
  1. ciptakan suasana belajar senyaman mungkin,serileks mungkin karena hal itu sangat berpengaruh.saat menghafal kita membutuhkan kinerja otak kanan dan kiri.dengan suasana yang rileks akan membantu kita memaksimalkan kerja kedua otak tersebut,sehingga kita akan mudah menyerap materi.
  2. baca dengan cermat. pada dasarnya model pokok belajar adalah membaca. bacalah dengan seksama bahan yang akan kita hafal.saat kita menemukan bagian tersulit, bacalah bagian tersebut dahulu.
  3. ulangi bagian tersulit. baca kembali bagian tersebut dengan cepat dan ulang-ulang.demikian juga dengan bagian yang lain.
  4. buat " penanda" dalam benakmu.ciptakan penanda dalam benakmu dengan membuat sebuah perumpamaan.misalnya dengan membuat sketsa atau diagram.
  5. ulangi dengan suara. ulangi lagi bacaanmu, sekarang dengan mengombinasikan antara suara yang kamu keluarkan dengan tanda apa yang kamu pilih.
  6. tidur. belajar sambil tidur? ya, tidurlah sejenak setelah kamu mengulangi kembali apa yang kami hafalkan dengn singkat.sebab proses pengendapan dalam memori akan lebih cepat terjadi manakala kita tidur,sekaligus memulihkan stamina yang telah kita pakai. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar