Halaman

Kamis, 15 Maret 2012

Tips Menghafal Rumus Pelajaran

1. Tulis rumus sejelas mungkin di buku kamu
Cara yang pertama adalah tulis rumus pelajaran dengan jelas n mudah diingat sama kamu. Jangan sampai nulis rumus nggak rapih atau berantakan. Juga pastikan tulis dengan huruf-huruf yang benar dan jelas. Karena, kalau salah huruf dan tanda saja, rumus bisa kacau n bikin kamu keliru dalam menggunakannya.

2. Beri tanda atau gambar dan semacamnya
Biasanya, cara ini berguna buat orang tipe pembelajaran visual, yang lihai dalam menggunakan ingatan penglihatannya. Bagi kamu yang termasuk dalam tipe ini, kamu bisa beri warna, tanda, gambar atau lainnya agar kamu bisa mengingat rumus itu dengan mudah. Usahakan beri yang khusus pada tiap rumus, agar tidak keliru dalam menggunakannya. Misal, di rumus mencari volume kubus kamu beri warna merah dan di rumus volume tabung, kamu beri warna hijau. Cara ini cukup jitu dan berguna buat kita dan menurut pengetahuan saya, banyak yang menggunakan cara ini.
3. Hubungkan rumus dengan sesuatu
Maksudnya adalah, hubungkan bentuk rumus tersebut dengan suatu hal, misal lagu, film, percakapan, cerita, dan lain-lain. Dengan begitu, kamu akan mudah dalam mengingatnya. Misal, ada rumus fisika F = m.a . Nah, kamu bisa menghubungkan rumus tsb dengan radio. F dan m, identik dengan gelombang FM radio. Dan kamu tinggal cukup menghafal huruf a saja, kan? Itu adalah salah satu contoh. Masih banyak yang bisa kamu gunain. Buat semenarik mungkin agar kamu selalu inget sama rumus itu.

4. Ingat rumus induk
Terkadang, beberapa rumus adalah penjabaran atau gabungan dari rumus-rumus lainnya. Jadi, kamu cukup menghafal rumus induk yang memang menjadi konsep. Selanjutnya, bila keluar soal yang berhubungan, kamu cukup memasukkan rumus yang berhubungan pula dengan rumus itu sesuai dengan kebutuhan. Mungkin cara ini agak sulit, namun kalau kamu udah sering n mahir dalam ngegunainnya, kamu akan merasa enteng dalam menghafal rumus.

5. Buat daftar rumus dan tempel di tempat yang terlihat
Rangkum semua rumus yang kamu anggap penting dalam selembar kertas. Ukurannya sesuai kebutuhan kamu, tergantung dari banyaknya rumus. Lalu, kamu bisa hias kertas itu agar menarik. Tapi jangan sampai menghalangi rumus ya. Lalu, tempel atau bawa rumus itu dimana saja. Usahakan tempel di tempat yang kamu sering lewati. Dengan menoleh dan membacanya tiap waktu, kamu perlahan-lahan akan hafal dengan sendirinya. Eits, tapi ini bukan buat contean ya, kawan.

Sumber : dwiolala.files.wordpress.com/2011/09/tips.doc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar